Minggu, 20 Januari 2013

Deteksi Penyakit Secara Online

Ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari internet. Hal itu pun dimanfaatkan banyak orang untuk mendiagnosis penyakit berdasarkan gejala yang dialaminya. Namun apakah cara tersebut akurat dan bisa dipercaya?

Seperti yang dilansir dari The Daily News, penelitian terbaru dari Pew Internet Project membongkar fakta bahwa sekitar 59 persen orang dewasa di Amerika Serikat menggunakan internet untuk mencari informasi tentang kesehatan. Bahkan sebanyak 35 persen orang sengaja mendiagnosis penyakitnya dari informasi yang terdapat di internet.

Dari data yang dihimpun peneliti, disebutkan juga bahwa orang-orang yang mendiagnosis penyakitnya melalui informasi di internet tidak memeriksakan dirinya ke dokter.

Namun mereka yang pergi ke dokter, sebanyak 41 persen penyakit yang didiagnosis sendiri ternyata memang terbukti benar. Sementara 18 persen sisanya dibantah oleh ahli medis.

Selain itu, wanita lebih banyak memeriksa informasi kesehatan di internet dibandingkan dengan pria. Pengguna internet yang lebih muda, seperti mahasiswa, dan orang-orang yang menghabiskan waktu lebih banyak di rumah juga termasuk pihak yang sering mendiagnosis penyakitnya sendiri melalui internet.
Jika Anda juga punya kebiasaan yang sama, sebaiknya konfirmasikan kondisi kesehatan pada dokter setempat. Sebab tak jarang banyak diagnosis sendiri yang ternyata salah dan tidak sesuai dengan kondisi kesehatan yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar